Asyiknya Olahraga Jempol

Share:

Siapa nih yang suka rebahan sambil olahraga jempol? tahu kan… olahraga jempol zaman now adalah scrolling media sosial. Ternyata olah raga jempol ini bisa berimbas terhadap pembelajaran di kelas, khususnya kelas Matematika. Seperti yang kita ketahui saat ini, banyak program pemerintah seperti guru penggerak, guru belajar dan berbagi, maupun merdeka belajar yang meminta guru untuk melakukan pengimbasan dalam pembelajaran dan membagikan pengalamannya dalam media sosial mereka.

 

Dari pengalaman yang mereka bagikan di media sosial, penulis mendapatkan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi untuk menunjang pembelajaran. Antara lain menggunakan fitur mode kertas pada aplikasi quizizz.com dan permainan daring snowbrawl pada aplikasi gimkit.com.

 

Selama pembelajaran daring, aplikasi quizizz ini dapat membantu guru dalam mengukur pemahaman siswa terhadap suatu materi. Setelah pembelajaran tidak lagi daring, aplikasi ini rupanya memberikan tambahan fitur mode kertas agar quizizz ini dapat digunakan dalam pembelajaran luring juga.

  
 
Halaman depan aplikasi quizizzyang terdapat mode kertas.


Penulis mengaplikasikan mode kertas pada quizizz dalam pembelajaran matematika peminatan di kelas XII MIPA untuk mengulang kembali materi kelas X sampai kelas XII sebagai bahan Ujian Satuan Pendidikan.  Diawali dengan memasukkan soal soal yang akan digunakan dalam quizizz dan mengunduh QR yang disediakan quizizz untuk dibagikan kepada siswa.

 

Untuk menggunakan mode kertas quizizz ini, guru perlu menggunakan dua gadget, yaitu laptop yang terhubung dengan LCD yang berfungsi untuk menampilkan soal dan smartphone untuk memindai jawaban para siswa.

 

Siswa terlihat antusias karena ini adalah pengalaman baru untuk mereka, beberapa dari mereka merasa bangga karenamendapatkan proses pembelajaran yang mereka pernah lihat dari media sosial.

 

Menggunakan mode kertas ini memudahkan guru untuk mengkoreksi langsung, dan siswa juga bisa melihat peringkatnya di kelas.


 

Guru memindai jawaban siswa menggunakan smartphone.

Aplikasi lainnya yang digunakan dalam mengulang materi kelas X sampai kelas XII pada siswa kelas XIIMIPA ini adalah gimkit.com. Pada aplikasi ini, banyak permainan daring yang ditawarkan dan sebagian sempat menjadi trend di antara para siswa, antara lain snowbrawl, among us, zombie, dan lain-lain.

  
 
Pilihan permaiandaring dalam gimkit.com

Untuk menggunakan gimkit.com ini, guru minimal menggunakan satu gadget saja untuk memulai permainan dan dapat mengendalikan permainan, bahkan bisa ikut bermain juga. Contohnya pada permainan snowbrawl, pemain saling melempar bola salju, dan untuk mendapatkan bola salju harus menjawab pertanyaan terlebih dahulu. Pertanyaan inilah yang berhubungan dengan materi pelajaran yang dibuat oleh guru. 

 

Dari semua permainan dalam gimkit.com, penulis merekomendasikan permainan snowbrawl (melempar bola salju), capture the flag (saling merebut bendera lawan), fishtopia (memancing), floor the lava (membangun tembok untuk menghindari lava), trust no one seperti permainan among us dan humans and zombie (manusia dan zombie berjalan cepat).

  
 
Siswa memainkan game snowbrawl


 

(Penulis : Valentine Luky Anggraini, M.Pd. , Guru Matematika )

 

Sumber diambil dari laman: https://sma-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/

Dirilis pada tanggal 29 Juni 2023