Belajar Demokrasi melalui Pemilihan Ketua OSIS

Share:

Surabaya, Kampus Ursulin- Sanmarian, awal tahun 2024 ini menjadi tahun awal dan akhir bagi cerita kami di SMA Santa Maria (Sanmar). Ya, kami para Pengurus OSIS Periode 2023/2024 atau yang dikenal sebagai angkatan “Nawasena” telah demisioner.

Dalam memulai kepengurusan periode baru, tentu regenerasi sangat diperlukan. Kesulitan menentukan calon pemimpin membuat kami berdiskusi bersama dengan waktu yang lama, hingga akhirnya kami menyepakati diberlakukannya sistem paslon untuk pemilu CAKETOS dan WAKETOS 2024/2025.

Jauh dari kata "dinasti," kami menentukan nama-nama calon ketua OSIS terlebih dahulu.Penentuan ini kami lakukan secara objektif. Kami menentukan 3 nama untuk dicalonkan. Sebut saja ada, Theresia Netanya (XI 2), Kristiara Dohan Limantara (XI 2), dan Marina Diandra Katrina (X4).

Ketiga calon tersebut kemudian diperbolehkan untuk memilih wakilnya dengan pertimbangan yang telah dibuat oleh para pengurus OSIS. Setelah kami berdiskusi, maka ditetapkan Paslon 1: Theresia Netanya XI - 2 dengan VeronikaYemima XI - 2. Paslon 2: Kristiara Dohan dengan Gavriel Jadon - X4, dan Paslon  3: Marina Dianda - X4 dengan Susana Naelia XI - 2.

Dengan waktu yang singkat, para paslon dengan timsesnya harus menentukan visi, misi, serta materi kampanye yang akan mereka upload. Berbeda dengan pemilihan tahun lalu, pengumuman paslon diumumkan ketika materi kampanye sudah dibuat.

Saat yang ditunggu pun tiba. Pagi itu, Selasa 30 Januari 2024 sebagai hari pesta demokrasi digelar. Para paslon menjalani berbagai sesi mulai dari penyampaian visi misi hingga sesi debat yang ditutup dengan closing statement. Pasca melewati semua regulasi, dilakukanlah sesi pemilihan. Akhirnya, terpilihlah Paslon 1, Theresia Netanya dan Veronika Yemima sebagai Ketua dan wakil Ketua OSIS Periode 2024 – 2025. Dengan perolehan suara yang diraih paslon 1 sebanyak 406 suara. Disusul dengan Paslon 2 sebanyak 66 suara dan paslon 3 dengan 55 Suara.

 

Perolehan suara yang begitu "fantastis" ini membuat suasana aula bergemuruh.  Tak dapat dipungkiri seluruh warga Sanmar telah mempercayakan tongkat kepemimpinan pada paslon 1. 

“Lakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan, bukan kehendak diri kita sendiri yang akan selalu menjadi pedomananya dalam menjalani tugasnya. Kami ucapkan selamat dan sukses. Semoga diberikan kemudahan dan kelancaran. Tuhan Yesus memberkati," ungkap Maria Theresia Nike, Kepala Satuan Pendidikan, saat memberikan sambutan.

(Penulis : Justin Nathanael Sudarto, Siswa XII IPS 3)

 

Diambil dari laman: https://sma-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/belajar-demokrasi-melalui-pemilihan-ketua-osis

Dirilis pada tanggal 12 Februari 2024