Berwirausaha pada Gelar Karya

Share:

Kampus Ursulin – Surabaya, Sanmarian, setelah serangkaian alur project yang dilakukan peserta didik mulai dari literasi, perencanaan, dan simulasi, maka pada Selasa, 17 Oktober 2023 pukul 08.15 sampai dengan 12.15 WIB dilangsungkan gelar karya di SMA Santa Maria. Gelar karya ini sebagai perwujudan hasil belajar peserta didik SMA Santa Maria pada kegiatan Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) ganjil dalam bentuk project. Kegiatan gelar karya dilaksanakan pada masing-masing ruang project, yang mengusung judul "Do It“ dan  mengangkat tema Kewirausahaan.

Melalui tema kewirausahaan ini, peserta didik diajak melakukan kegiatan transaksi. Transaksi yang dimaksud adalah kegiatan menjual dan membeli produk. Tiap kelompok dari masing-masing kelas X, XI dan XII menyajikan produk nonpangan secara kreatif. Produk yang dihasilkan berasal dari pemanfaatan barang bekas maupun sampah yang kurang bernilai, berhasil diubah menjadi produk yang bernilai dan bermanfaat. Contoh produk yang dihasilkan yakni sabun, lilin, bath bomb, losion, kertas daur ulang, dan pupuk. Produk kreatif lain adalah lampu hias, seperti lampu tidur dan lampu aromaterapi. Buku-buku inovativ dan diary serta produk media pendukung pembelajaran untuk IPA tersaji pula dalam gelar karya tersebut. 

Menurut Gabriella Abebi, salah satu peserta didik kelas XII MIPA mengatakan, bahwa project kali ini lebih menantang, karena kelompok harus menciptakan produk non pangan yang tetap memiliki nilai jual. Selain itu, perlu mengaitkan produk yang diciptakan dengan materi yang tersaji dalam rubrik penilaian, kata Gaby lebih lanjut. Jonathan Zelig menambahkan, bahwa Tema project sangat membangun peserta didik untuk mempersiapkan dan memberikan pengalaman bermakna dalam berbisnis.

Selain produk, berbagai cara promosi mengiringi jalannya gelar karya dalam menjual produknya. Ada yang menggunakan media sosial seperti Instagram, ada pula yang menggunakan video dan poster sebagai sarana tambahan promosi. Bahkan tidak sedikit kelompok yang melakukan promosi secara langsung, dengan menghampiri secara personal ke teman maupun guru. 

Selain berjualan, kegiatan kewirausahaan yang dilakukan pada gelar karya adalah membeli produk. Peserta didik SMP Santa Maria turut berpartisipasi dalam gelar karya ini. Mereka bertanya, saling berbagi pengalaman dan bahkan ikut membeli produk kakak-kakak SMA. Mereka merasa kegiatan ini cukup seru dan menyenangkan bahkan di luar nurul (dibaca: di luar ekspetasinya), kesan salah satu peserta SMP yang hadir dalam gelar karya tersebut. Salam Wirausaha. 

 

(Penulis: Karsono Samuel P., S.Si., M.T., Guru Kimia SMA Santa Maria)

 

Sumber diambil dari laman: https://sma-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/berwirausaha-pada-gelar-karya

Dirilis pada tanggal 21 Oktober 2023