Hutan & Inovasi

Share:

SIDOARJO,KAMPUS URSULIN-SANMARU

(02/04/2024)

 

Hutan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan planet bumi. Hutan menyediakan udara bersih, air, makanan, dan tempat tinggal. Hutan juga berperan penting dalam mengatasi perubahan iklim dan menjaga keanekaragaman hayati.

Namun, hutan saat ini menghadapi berbagai ancaman, seperti deforestasi, perburuan liar, dan perubahan iklim. Untuk mengatasi hal ini, dibutuhkan solusi inovatif untuk mengelola hutan secara berkelanjutan.

Pengelolaan hutan: Teknologi blockchain dapat digunakan untuk melacak asal-usul kayu dan mencegah pembalakan liar.

Pendidikan dan kesadaran: Teknologi virtual reality dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hutan.

 

“kita harus menjaga kelestarian alam agar kita dapat menggunakan kelestarian itu sendiri untuk kita” Ucap Happy Kukilowati (7/3/2024), selaku Waka Kurikulum dan yang akrab disapa dengan bu Happy.

 

Sebagai usaha membantu pelestarian hutan, sekolah SMP Santa Maria II Sidoarjo melakukan beberapa hal diantaranya adalah memberi edukasi dan kegiatan dengan dasar untuk pelestarian lingkungan. 

Hal ini adalah salah satu kegiatan ecopreneur kepada peserta didik setiap hari Selasa, di mana kami diajarkan untuk menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah dan merawat tanaman disekitar kita. Bahkan dapat diubah menjadi uang.

 

(M.A.A.K&L.J.S-8A)