Ide Seru Mengolah Sayur dan Buah

Share:

Ide Seru Mengolah Sayur dan Buah

 

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik dapat mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Peserta didik sebagai generasi muda dituntut memiliki kompetensi global namun tetap memegang tegus nilai-nilai ketimuran sesuai dengan Pancasila. Hal ini tentu yang menjadi tujuan dari Implementasi Kurikulum Merdeka Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Koordinator kegiatan P5 menuturkan bahwa pada project ke -2 P5 ini mengambil tema “Kewirausahaan“. Adapun project P5 kali ini yaitu ide seru mengolah sayur dan buah. Melalui kegiatan P5, anak –anak dilatih untuk lebih kreatif, berpikir kritis, mandiri, tangguh dan inovatif, Kamis (27/04/2023)

Kegiatan P5 kelas 1 kali ini berlangsung mulai pukul 09.00 di selasar belakang SD Santa Maria. Kebersamaan anak-anak dengan guru dan orangtua pendamping menjadi ajang kebersamaan dan kerjasama yang baik antar warga sekolah, dalam kegiatan ini anak-anak belajar kerjasama, kemandirian, dan tanggung jawab dalam kelompok. Anak-anakpun terlihat antusias mengikuti setiap kegiatan sesuai arahan dari guru. 

Project kegiatan P5 yang dikemas membuat olahan makanan dan minuman dari sayur dan buah membuat anak-anak makin terbuka wawasannya, makin mengetahui pentingnya sayur dan buah untuk kesehatan. Kegiatan yang diselenggarakan sangat seru dan menarik, anak – anak belajar membuat sushi, sandwich, jasuke, dan aneka minuman jus dari buah dan sayur. Anak-anak yang awalnya tidak mau mencoba olahan sayur dan buah menjadi tertarik dan suka.

Di dalam kegiatan P5 ini respon orangtuapun sangat baik sekali mereka antusias dan semangat mendukung kegiatan anak-anak. Sebagian besar orangtua mengapresiasi kegiatan ini, diharapkan kegiatan kegiatan P5 kedepanpun dapat semakin seru dan menarik. Selain berkegiatan dan berdinamika anak-anak mendapatkan penanaman karakter yang pastinya sangat diperlukan untuk masa depan mereka kelak. 

Kegiatan diawali dengan pengarahan dan penjelasan cara membuatnya lalu mereka mulai membuat bersama kelompok dengan didampingi oleh para orangtua yang telah ditunjuk sebelumnya. Setelah itu anak-anak makan bersama hasil buatannya bersama kelompok. 

Anak-anak ditantang untuk membuat 1 olahan makanan dan 1olahan minuman, selain itu mereka belajar untuk bekerjasama satu sama lain, bersikap tanggung jawab dan mandiri. Setiap anak memiliki tugas masing-masing ada yang mencuci bahan, ada yang membuat, ada yang mengemas, dan setelah selesai merekapun tidak lupa untuk merapikan.

Penulis: Irene/Guru SD Santa Maria Surabaya

 

Sumber diambil dari laman: https://sd-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/ide-seru-mengolah-sayur-dan-buah

Dirilis pada tanggal 12 Mei 2023