Jalin Kerja sama Berorganisasi ke SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

Share:

Selepas kunjungan dan belajar berorganisasi ke SMA Regina Pacis Surakarta, pengurus OSIS SanMar melakukan perjalanan kedua ke SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, yang terletak di  Jl. Pucang Anom No.91, Kertajaya, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur tergolong jaraknya dekat dengan SMA Santa Maria Surabaya. Di kesempatan pada Rabu, 17 Mei 2023, semua pengurus OSIS SMA Santa Maria ikut secara lengkap mulai dari pengurus inti, koordinator divisi, anggota divisi, MPK, dan pembina. SMA Santa Maria Surabaya berangkat pukul 08.30 WIB dengan melestarikan transportasi yang hampir punah, yaitu angkot. 

Banyak pengalaman bagi para pengurus OSIS dan pembina bahkan ketika naik angkot, ada yang pertama kali, ada yang melepas rindu di angkot, dan berdesak-desakan di angkot adalah pengalaman juga. Sesampainya di SMA Muhammadiyah 2, Para Pengurus OSIS sempat kaget karena sekolahnya disebut dengan Tower, benar saja! bangunannya jauh berbeda dengan SMA Santa Maria, karena bangunan mereka sangat tinggi, modern, dan untuk ke sekolah pun harus menggunakan lift. Tidak berlama-lama kita diajak untuk masuk dan disambut dengan banner studi banding. 

Namun, di studi banding kali ini jauh berbeda dengan studi banding sebelumnya dengan SMA Regina Pacis di Solo, antara SMA Santa Maria dan SMA Muhammadiyah 2 memiliki kesamaan yaitu sekolah swasta, namun berbeda basisnya. Satu nya berbasis agama Katolik, yang satu berbasis agama Islam. Hal itu bukanlah suatu masalah, tetapi suatu jalinan persatuan. Disana kami disambut dengan berbagai acara seperti, pembukaan, ucapan dari Wakil Kepala Sekolah, Ketua OSIS dan Ketua PR IPM, dilanjut dengan pertukaran ide proker, explore sekolah, dan penutupan. 

(Penulis: Samuel Adi Santosa, Peserta Didik Kelas XI IPS 1)