Kemeriahan Gelar Karya PHB Proyek di SMA Santa Maria

Share:

Surabaya - SMA Santa Maria, Pada hari Jumat (07/10/22), SMA Santa Maria mengadakan acara Gelar Karya yang merupakan PHB Proyek Semester Gasal. Adapun lokasi acara tersebut berada di area pendopo, ruang kelas, ruang Romana, dan juga ruang bangsal. Gelar Karya tersebut berlangsung sejak pukul 9 pagi dan berakhir pukul 12 siang dengan mengusung tema “Rekayasa dan Teknologi". 

 

Seluruh peserta didik SMA Santa Maria dari kelas X hingga kelas XII semua berpartisipasi dengan  semangat dan antusiasme tinggi. Saat Gelar Karya berlangsung para guru mengamati serta memberi nilai sebagai nilai PHB (Penilaian Harian Bersama). Acara ini juga dihadiri para orangtua siswa, serta beberapa tamu undangan seperti mitra sekolah, komite, dan pengawas sekolah. 

Kegiatan ini tidak serta merta langsung bisa terlaksana, tetapi harus melalui proses yang panjang. Para siswa mempersiapkannya sejak lama sebelumnya, dan bekerjasama dengan banyak pihak. Mereka merencanakan bersama, mempresentasikan di hadapan guru pembimbing, dan akhirnya merealisasikan bersama-sama dalam bentuk sebuah produk. “Mereka mengikuti IL (Integrated Learning), yaitu berupa kegiatan sekolah yang membawa siswa pada suatu pembauran & kerjasama untuk membuat suatu karya yang mengimplementasikan berbagai mata pelajaran di sekolah.”, terang Bu Lucky selaku ketua pelaksana PHB Proyek tersebut.

Integreted Learning adalah konsep pengajaran yang menghubungkan beberapa disiplin ilmu. Integreted Learning merupakan pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai media dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi hidup, pengetahuan dan ketrampilan peserta didik. Proyek ini bertujuan menjadikan peserta didik kita sebagai penerus dan pemimpin bangsa di masa depan  yang unggul, tangguh, mampu berpikir kritis, dan produktif serta berwawasan global. Selamat berproses siswa-siswi SMA Santa Maria (Adri).