Libatkan Siswa SMP Saat Proyek PAT SMA Santa Maria

Share:

Surabaya – SMA Santa Maria. Jumat (17/02/2023) SMA Santa Maria menggelar proyek Integrated Learning disingkat IL bagi siswa kelas XII. Hasil proyek IL ini akan dijadikan sebagai nilai Ujian Praktik dan Penilaian Akhir Tahun siswa kelas XII tersebut. Setiap kelas diberikan tugas dan tanggung jawab untuk merancang kegiatan dengan mengusung tema tertentu sebagai bentuk hasil pembelajaran yang memadukan berbagai disiplin ilmu yang telah mereka pelajari di sekolah. Hasilnya tercipta beberapa pos atau spot yang berisikan aktivitas atau permainan edukasi.

Siswa SMP mencoba permainan edukasi  yang disiapkan kakak-kakak SMA

Ada yang berbeda dari Proyek IL tahun ini. Ya, tahun ini SMA Santa Maria mengundang adik-adik mereka di SMP untuk mengunjungi pos yang telah mereka buat. Nama spot atau pos mereka tergolong unik bahkan terkesan “seram”, ada yang bernama Pocong, Wewegombel, Jelangkung, Tuyul, dan masih banyak yang lainnya. Oh ya nama tadi cuma gimmick ya dan sebenarnya merupakan singkatan, jadi kontennya murni edukasi. Contohnya “ POCONG ” yang merupakan singkatan dari JELAjah piriNG KUliner Indomie goreNG dan POles Camilan OraNG Indonesia.

Kakak SMA menjelakan cara bermain dengan antusias

Meskipun melelahkan, kakak- kakak SMA tetap antusias saat menjelaskan proyek mereka di depan adik-adik SMP. Tampak adik-adik SMP begitu heboh dan gembira ketika diajak bermain bersama. Mulai dari tebak-tebakan, mengungkap fakta atau hoaks, pembuktian sains, rally games dan masih banyak lainnya. Tak lupa dalam setiap permainan selalu terselip pesan moral dan nilai-nilai utama pendidikan Ursulin.

Melalui proyek IL ini diharapkan siswa SMA Santa Maria mampu menjadi pribadi yang kritis, inovatif, dan cerdas serta mampu bekerja sama di dalam sebuah kelompok. Semoga Siswa SMA menjadi role model yang baik dan menginspirasi adik-adik mereka di SMP (yos).