Membentuk Kebiasaan Positif dan Menguatkan Pikiran Positif

Share:

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmarian, apakah kamu sering berpikir negatif terhadap suatu permasalahan yang dihadapi? Pasti dari kita sangat sering dan agak sulit untuk menghilangkan pikiran negatif itu. Ternyata, semakin sering kita berpikir negatif atau dengan kata lain overthinking tentang suatu masalah yang kita hadapi, akan membuat kita semakin sulit untuk menghilangkan pikiran negatif tersebut dan cenderung akan muncul respon yang negatif pula.
Pola berpikir positif dari seseorang tidak muncul begitu saja, bahkan masih banyak dari kita yang masih belum bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Memang diperlukan sebuah habit dan latihan yang baik untuk menumbuhkan pikiran yg lebih mindfull, jernih dan tenang dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada.

Sejatinya pikiran positif dapat membantu kita melihat sisi baik dari sebuah tantangan dan permasalahan. Hal ini dapat membentuk pribadi kita yang lebih baik, daripada mereka yang selalu berpikir negatif dalam segala hal. Saat terbiasa berpikir positif, kita akan lebih fokus untuk melihat kebaikan dalam situasi apa pun.
Berikut adalah cara melatih dan menumbuhkan pikiran positif yang bisa kita coba dalam setiap aktivitas.
Mulai membangun pola berpikir optimistis. Selalu pikirkan bahwa apa yang akan kita lakukan memiliki sisi positif dan tidak semuanya buruk. Dengan optimisme yang ada, pikiran kita akan lebih tenang karena tidak berpikir hal-hal yang memang di luar kendali.
Lebih sering tersenyum dalam setiap kesempatan. Lakukan hal ini bahkan bila sedang mengalami berbagai masalah dalam hal apa pun. Tindakan sederhana ini bisa mengubah perasaan jadi lebih baik.
Membiasakan pola hidup sehat. Karena pola hidup sehat tidak hanya dapat melindungi diri dari beragam penyakit, tetapi juga baik untuk kesehatan mental.
Pahami hal apa saja yang bisa membuat kita bahagia. Jauhkan diri kita dari hal-hal yang bisa menimbulkan rasa kesal dan belajar menghargai hal-hal kecil yang terjadi di hidup kita.

Lingkungan sekitar kita adalah tempat yang akan membantu bagaimana membentuk karakter diri kita. Jadi, pilihlah orang-orang di lingkungan kita yang juga memiliki pikiran positif sebagai teman terdekat. Di sisi lain, kita akan selalu saling mendukung satu sama lain bila sedang menghadapi masalah.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai cara melatih dan berbagai manfaat dari berpikir positif. Berpikir positif sangat baik untuk kesehatan jiwa, raga, dan lingkungan sekitar kita. Bahkan, kita bisa mengajak orang terdekat untuk sama-sama berpikir positif untuk hidup yang lebih baik. Selamat mencoba.

(Penulis : Agustinus Rae Sadewa, Guru BK SMA Santa Maria Surabaya)

 

Sumber diambil dari laman: https://sma-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/membentuk-kebiasaan-positif-dan-menguatkan-pikiran-positif

Dirilis pada tanggal 19 April 2024