Mengukir Prestasi di Lomba Peneliti

Share:

Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, Theresia Vennarossa Pamudya dan Eleonora Yuvelin Aurinsia Ardian, siswi kelas 9 SMP Santa Maria berhasil mengukir prestasi dengan meraih Juara Harapan II: Kategori Lomba Poster Terbaik Bidang Sosial yang diadakan di Balai Pemuda Surabaya, Jl. Gubernur Suryo. Lomba yang bertajuk Peneliti Pelajar Surabaya (LPPS 2023) di ikuti ratusan pelajar dari SD dan SMP se-Surabaya. Lomba tersebut digelar pada hari Rabu, 3 Mei 2023.


Kedua peneliti remaja tersebut memilih topik tentang interaksi sosial dan mereka mengambil judul Kesulitan Interaksi Sosial Bagi Remaja. “Saya melihat bahwa banyak anak remaja di sekitar saya kurang berani berinteraksi dengan orang baru sehingga saya penasaran mengapa hal itu terjadi,” ujar Rossa. Senada dengan hal ini, Yuvelin menambahkan, “Saya merasakan hal tersebut karena saya sendiri dan orang di sekitar saya merasa kesulitan berinteraksi dengan orang lain”. Selain itu, ternyata masih belum ada orang lain yang tertarik untuk mengangkat topik ini karena menganggapnya sebagai hal yang sepele padahal ini penting bagi remaja.

Ternyata, penelitian mereka membuahkan hasil yang membuat mereka merasa senang, terharu, dan bangga atas kerja keras yang mereka lakukan selama beberapa waktu terakhir ini. “Bagi teman-teman lain yang tertarik untuk mengikuti lomba penelitian seperti ini, harus tetap konsisten dari awal sampai akhir, mempelajari banyak hal yang terkait dengan judul penelitian yang diambil, dan jangan patah semangat bila ada banyak revisi,” tambah Rossa.

Lomba Peneliti Pelajar Surabaya 2023 tahun ini berbeda karena pada edisi kali ini kota Surabaya ingin mencetak rekor MURI untuk jumlah penelitian terbanyak. Rangkaian kegiatan lomba penelitian ini masih berlangsung hingga tanggal 6 Mei 2023 dan SMP Santa Maria masih memiliki dua kelompok yang berkompetisi di ajang penelitian kategori sosial. Semoga prestasi yang baru saja diukir oleh Rossa dan Yuvelin dapat menjadi semangat dan inspirasi bagi teman-teman lain yang ingin berkompetisi di lomba penelitian.


Penulis : Bernard Rizky Noweng, S. Pd., Guru Pendamping Lomba Peneliti Pelajar Surabaya.

 

 

Foto-foto Rossa dan Yuvelin saat menerima penghargaan. (Bernard R. N)

 

Sumber diambil dari laman: https://smp-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/mengukir-prestasi-di-lomba-peneliti

Dirilis pada tanggal 03 Mei 2023