Menyambut Hari Lahir Pancasila, SMP Santa Maria Menerima Kunjungan SMP Muhammadiyah 4 Surabaya

Share:

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, OSIS SMP Muhammadiyah 4 Surabaya mengadakan kunjungan ke SMP Santa Maria. Kunjungan ini dilakukan pada hari, Selasa 31 Mei 2023, dari jam 09.00 sampai dengan 11.30 WIB dengan tujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara kedua sekolah serta meningkatkan pemahaman siswa dalam keberagaman suku, ras dan agama. Kegiatan ini bertajuk “Mari memupuk Semangat Persatuan, Kerukunan, serta Toleransi antar Umat Beragama”. 

Pengurus OSIS SMP Santa Maria yang dengan antusias menyambut kunjungan ini. “Meski kita ada perbedaan suku, ras dan agama tidak  menjadi penghalang untuk saling bersinergi dan tetap menjadi saudara” ujar Kristo ketua OSIS SMP Santa Maria dalam sambutannya. Acara berlangsung dengan penuh semangat dan keakraban antara kedua sekolah. Teman-teman OSIS SMP Santa Maria pun mengajak keliling setiap ruang mulai dari perpustakaan, laboratorium, ruang kerawitan, dan ruang musik. Anak-anak sungguh terkesan saat mengunjungi ruang musik karena mereka bermain musik dan bernyanyi bersama dengan penuh sukacita. Selain itu, saat sesi game yang berlangsung di pendopo mereka juga melebur jadi satu dengan penuh semangat dalam menyelesaikan tantangan game. 

 

Para guru dan staf sekolah dari keduanya juga turut hadir dalam acara kunjungan tersebut. Mereka memberikan arahan dan motivasi kepada siswa-siswi agar terus menjaga persatuan dan kesatuan serta memahami nilai-nilai Pancasila sebagai landasan bangsa Indonesia.” Ini adalah salah satu  wujud implementasi dari mata pelajaran Pendidikan Pancasila,” ujar salah satu guru SMP Santa Maria.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 4 Surabaya, Ibu L. Rahmi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat dari SMP Santa Maria. Ia berharap kunjungan ini dapat menjadi langkah awal kerjasama yang lebih erat antara kedua sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter dan semangat kebhinekaan.

Acara ditutup dengan pemberian cendera mata dari kedua sekolah berupa kain kanva yang berisi tanda tangan dari seluruh peserta sebagai tanda persahabatan yang terjalin. Di balik kegiatan ini seluruh siswa merasakan pengalaman dan kesan mendalam serta semangat tinggi untuk terus menjaga kebersamaan dan membangun persatuan di Indonesia.

Kunjungan OSIS SMP Muhammadiyah 4 Surabaya ke SMP Santa Maria ini berhasil menciptakan atmosfer yang penuh keakraban dan semangat persatuan. Diharapkan acara ini dapat menjadi contoh positif bagi sekolah-sekolah lainnya dalam memperingati Hari Lahir Pancasila dan meningkatkan pemahaman siswa akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

 

Penulis : FX. Adi Priyono, S. Pd., Pembina OSIS

 

 

Video liputan kegiatan kunjungan 

 

 

Foto-foto kegiatan kunjungan oleh FX. Ngadina

Sumber diambil dari laman: https://smp-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/menyambut-hari-lahir-pancasila-smp-santa-maria-menerima-kunjungan-smp-muhammadiyah-4-surabaya

Dirilis pada tanggal 1 Juni 2023