Meriah! SMP Sanmar Gelar Barongsai

Share:

Surabaya – SMP Santa Maria. Selasa (24/01/2023) SMP Santa Maria Surabaya menggelar pertunjukan barongsai. Adapun kelompok penari barongsai tersebut berasal dari grup Anonymous Indolion Mediaship yang mana merupakan anggota kegiatan ekskur di SMP Muhamadiyah 1 Surabaya yang beralamat di Jl. Simolawang Baru 5, no. 21, Surabaya. Total rombongan barongsai tersebut berjumlah 15 orang yang terdiri dari para penari barongsai dan pengiring musik. Untuk barongsainya sendiri berjumlah dua buah.

Rangkaian acara tersebut berupa demo dua buah tambur, atraksi barongsai lantai, barongsai dance, dan angpao time. “Acara digelar dalam rangka perayaan imlek atau tahun baru China dimana sebagian besar murid adalah warga keturunan Tionghoa.” Ujar Agung - guru matematika SMP selaku koordinator kegiatan pertunjukan tersebut. Pertunjukan tersebut digelar di halaman dalam atau area taman SMP Santa Maria Surabaya dan berlangsung sangat meriah selama kurang lebih 30 menit yakni mulai pukul 07.15 WIB hingga berakhir pukul 07.45 WIB dan ditonton oleh siswa-siswi SMA dan SMP Santa Maria Surabaya.

Barongsai menghibur penonton

Barongsai sendiri adalah tarian tradisional Cina dimana penarinya menutupi tubuhnya dengan kostum menyerupai hewan lengkap dengan topeng kepala singanya dan biasanya ditarikan oleh dua orang penari. Tarian barongsai sendiri umumnya menggambarkan gerakan dari hewan tersebut serta dipadukan dengan beberapa gerakan akrobatik yang menghibur. 

Berdasarkan catatan sejarah tarian barongsai sudah ada ribuan tahun. Catatan pertama, tarian ini bisa ditelusuri pada Dinasti Chin sekitar abad ke tiga sebelum Masehi. Kesenian Barongsai mulai populer pada zaman dinasti Selatan-Utara (Nan Bei) pada 420-589 Masehi. Saat itu, pasukan Raja Song Wen kewalahan menghadapi serangan pasukan gajah Fan Yang dari negeri Lin Yi. Seorang panglima perang bernama Zhong Que membuat tiruan boneka singa untuk mengusir pasukan Raja Fan itu. Ternyata, upaya itu sukses hingga akhirnya barongsai melegenda.

“Yuàn nǐ suǒyǒu de xīnnián xiǎng dōu chéng zhēn!” - Semoga semua impian Tahun Baru Anda menjadi kenyataan! (yos).