Nobar Saat PAS SMA Santa Maria Surabaya

Share:

Surabaya – SMA Santa Maria. Jumat (09/12/2022) SMA Santa Maria Surabaya mengadakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Proyek dengan judul “Gelar Karya”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik, guna mendapatkan nilai PAS. Adapun lama persiapan mereka adalah lima hari yakni dimulai hari Senin (05/12/2022) hingga selesai hari Jumat (09/12/2022). Gelar karya mereka kali ini berupa video.

Pada proyek pembuatan video kali ini mereka dibagi ke dalam banyak kelompok, jumlah anggota masing-masing kelompok berkisar antara 5-8 orang. Mereka berasal dari campuran beberapa kelas, tiap anggota kelompok memiliki perannya masing-masing, ada yang berperan jadi artis, ada yang jadi editor, ada yang jadi videografer, bahkan ada yang menjadi script writer ataupun sutradara. Jenis video yang ditampilkan pun ada bermacam-macam, ada yang berupa pesan moral, ada yang iklan produk, bahkan ada yang berbentuk berita. 

Khusus hari Jumat (09/12/2022) sebagai puncak acara, seluruh video yang telah mereka buat tersebut diputar di kelas masing-masing, lalu secara bergantian tiap kelompok mempresentasikan apa makna dari video tersebut. Selain membuat video, mereka juga membuat laporan karya tulis dengan format yang telah ditentukan oleh sekolah. Namun ada yang berbeda dengan karya tulis mereka kali ini yakni cukup dikumpulkan secara paperless atau cukup memberikan softcopynya saja. Salah satu alasannya adalah ramah lingkungan serta untuk mewujudkan dunia yang lebih baik (adr).