One Book One Student (OBOS)

Share:

“Buku adalah hadiah yang bisa kamu buka lagi dan lagi”

(Garrison Keillor)

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmaris, bertempat di ruang kelas TK A2 Santa Maria Senin, 25 Maret ), anak-anak kelas TK A2 berliterasi, sebagai salah satu kegiatan rutinitas setiap hari Senin anak-anak TK A2 berliterasi. Mengajak anak-anak untuk membaca buku. Secara bergantian anak perempuan dan laki-laki berbaris rapi memilih salah satu buku yang ada di rak buku.

Kegiatan diawali dengan mengenalkan kepada anak-anak tentang OBOS (One Book One Student), merupakan salah satu program minat baca untuk anak. Program ini sebagai salah satu aksi nyata saya sebagai CGP angkatan 9. 

Program ini bertujuan menarik minat baca pada anak, di mana saat ini minat baca pada anak berkurang dikarenakan lebih memilih gadget daripada baca buku. Disini anak bebas memilih buku yang telah disediakan, sebagai aksi nyata anak-anak mengimplementasikan dengan menceritakan kembali buku yang sudah dibaca dalam bentuk menggambar. 

Pengalaman membaca ini berdampak baik pada perkembangan bahasa anak, menumbuhkan ketertarikan membaca anak, juga membentuk dan meningkatkan karakter pada anak-anak agar berani, percaya diri. 

Setelah selesai anak-anak mengembalikan peralatan dan buku yang sudah digunakan sesuai dengan tempatnya.

(Wenny N M Wolfe)

 

Sumber diambil dari laman: https://kbtk-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/obos

Dirilis pada tanggal 3 April 2024