OSIS Cetuskan Program "Podo Sregep Sinau" Sebagai Arena Belajar Melayani Masyarakat

Share:

Kampus Ursulin Surabaya - Jumat, 17 Mei 2024 Pendidikan dan sosialisasi untuk terjun ke dalam masyarakat merupakan dua hal yang saling berkaitan dengan sangat penting. Sebagai bentuk kegiatan kolaborasi antara pendidikan dan sosialiasinya,  OSIS SMP Santa Maria Surabaya membuat salah satu program “Podo Sregep Sinau” atau bisa disingkat PSS yang dilaksanakan di Kampung Dinoyo dengan sasaran yaitu anak-anak. Program ini dijalankan dengan kolaborasi bersama Your Safe Space untuk mengenal dunia internet lebih dalam. Program ini dilaksanakan oleh 5 pengurus OSIS sebagai wakil sekolah dan bekerja sama dengan tim Your Safe Space Leon yang beranggota Clarin dan Agnes, siswa kelas 8, Alea dan Colin dari kelas 7.  Program “Podo Sregep Sinau”  adalah kesempatan yang pertama kali bagi mereka dan sangat berharga untuk terjun ke dalam dunia masyarakat dan bisa mengenal berbagai sudut pandang dan karakter pribadi orang yang dijumpainya.
Saat melakukan program ini, hal yang dibahas adalah pentingnya  mengenal lebih dalam dunia internet, dan kami juga belajar bersama para adik-adik di sana. Kami membahas pelajaran, kami belajar matematika, bahasa Inggris, bahasa Jawa, dan saling bertukar cerita pengalaman di sekolah. Hal ini membuat kami merasa bahwa kami tidak boleh melewatkan kesempatan berharga ini, karena kesempatan ini akan membuat kami mengeksplorasi lebih jauh dunia masyarakat yang tidak seperti ekspektasi kami. Awalnya kami sangat canggung karena kami sebelumnya jarang terjun ke dalam masyarakat langsung tanpa perantara, namun dalam program ini kami termotivasi untuk berani berkomunikasi, berinteraksi, dan berelasi dengan orang-orang baru yang pertama kami temui.
Program ini sangat bermanfaat untuk semua pihak, untuk kami sendiri tentunya membuat kami untuk lebih berani untuk berbicara dan tidak canggung dan untuk anak-anak di Kampung Dinoyo tentunya juga bisa merasakan bahwa belajar bersama itu sangat menyenangkan karena bisa bertukar ide dan berbincang-bincang. Walaupun ini pertama kali menjalankan program ini, tentu kami mengusahakan yang terbaik untuk masyarakat di sekitar kita. Dari sini kami belajar bahwa pentingnya bersosialisasi, berani untuk berbicara, dan berbagi ilmu kepada orang di sekitar kita. Jadi,  saat merasa tidak bersemangat belajar, cobalah untuk belajar bersama teman atau sahabat atau sesama yang ada di sekitar kita. Ciptakan “Joyful Learning” bagi siapa saja yang bersama kita. Salam Serviam !
 

Penulis: Agnes, 8B/01

 

Sumber diambil dari laman: https://smp-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/osis-cetuskan-program-podo-sregep-sinau-sebagai-arena-belajar-melayani-masyarakat

Dirilis pada tanggal 21 Mei 2024