PANEN ECO ENZYME

Share:

Sidoarjo - SD Santa Maria. Hai teman-teman, Kamis (26/01/2023) yang lalu anak-anak kelas 1-6 melakukan panen ecoenzym. Tahu ga, kami harus menunggu 3 bulan untuk memanen ecoenzym itu lho. ? Wah, Kira-kira kalian tau ngga tentang apa itu eco enzym? Menurut Bu Helena, koordinator kegiatan ini, eco enzym adalah sebuah cairan hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu). 


Menurut informasi dari teman yang sudah mendapatkan pengarahan, yakni Audrey 6b, eco enzym tersebut bisa dijadikan sebagai sabun mandi dan hand sanitizer loh. Lalu Clarissa - 4A juga menyampaikan cairan tersebut bisa digunakan sebagai pembersih toilet. Ditambahkan lagi oleh  Serafina 6b bahwa eco enzym juga bisa di gunakaan untuk pupuk tanaman, pengharum ruangan, dan bahkan sabun cuci piring. Wah, banyak sekali ya fungsi dari si eco enzym ini. 


Kok bisa ya? Apa sih bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat eco enzym? Bu Helena menjelaskan sebagai berikut. Bahan dari eco enzym adalah air, gula dan sisa buah atau sayuran. Tapi sisa buah atau kulit buah dan sayurannya harus yang masih segar ya. Kalau sudah dalam kondisi membusuk, maka nanti proses pembuatan ecoenzyme nya tidak akan berhasil. Semua bahan tadi diatur komposisinya sesuai ketentuan dan kemudian ditaruh di dalam toples besar dan ditutup rapat dengan isolasi dan tidak ada udara yang bisa masuk ataupun keluar. 


Lalu? Kita tunggu 3 bulan deh. Sebagai informasi, kami membuat ecoenzyme di bulan Oktober 2022, jadi masa panennya adalah bulan Januari 2023. Bagaimana perasaan siswa-siswi SD Santa Maria sidoarjo saat panen eco enzym? Audrey - 6B menjawab: “Saya cukup senang dan penasaran dengan hasilnya”. Sedangkan Serafina dan Clarissa menjawab senang dan bahagia karena ini kegiatan yang seru. Cairan eco enzym yang bagus adalah cairan yang berwarna coklat gelap dan berbau khas.


Lalu Bu Helen juga menambahkan bahwa kita harus membuat eco enzym ini agar kita bisa terhindar dari sampah-sampah organik yang menumpuk. Selain itu biasanya sampah organik bisa menimbulkan bau-bau yang tidak sedap kan ya, maka melalui eco enzym ini sampah-sampah organik diolah dan bisa berfungsi untuk kita.  


Eco enzym sangat bermanfaat untuk kehidupan kita. Dari sampah yang mungkin kita anggap sudah tidak berguna, ternyata bisa menjadi cairan yang bisa dimanfaatkan untuk sabun cuci piring, sabun mandi, hand sanitizer, pengharum ruangan, pupuk tanaman dan banyak lagi. Serafina - 6B dan Audrey - 6B mengatakan bahwa mereka ingin membuat lagi jika ada waktu karena membuat eco enzym itu menyenangkan dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.?(red: Alexa & Sherly)