Ini Games-ku, Mana Games-mu?

Share:

Sejak ditetapkannya Kurikulum Merdeka oleh Kemendikbud. Kurikulum SMA wajib membuat Penilaian Hari Bersama (PHB) dalam dua yakni tulis dan proyek. PHB diawali tulis terlebih dahulu sejak 27 Maret 2023 hingga 5 April 2023. Usai PHB Tulis berlanjut dengan PHB Proyek yang dilaksanakan mulai 10 April 2023 dan di ujung PHB Proyek digelar gelar karya.

Gelar karya ini telah berjalan empat kali di satu tahun ajaran 2022/2023. Gelar Karya yang sebelumnya mereka sudah pernah diminta membuat produk kuliner, dan juga pernah membuat film pendek, kali ini mereka membuat permainan yang inovatif.

salah satu hasil produk permainan pada PHB Proyek

 

Selasa (18/4/2023), Gelar karya ini diawali dengan berkumpul di ruang Romana untuk pengumpulan produk permainannya, lalu mereka diundi untuk saling bertukar dengan permainan dari kelompok lain, dan dibawa ke ruang kelasnya. Mereka tidak hanya memainkan 1 permainan, tapi 2 permainan, yang dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama berlangsung dari pukul 07.30 WIB hingga 08.30 WIB, lalu jeda istirahat 30 menit dan dilanjutkan sesi kedua dari pukul 09.00  WIB hingga 10.00 WIB. 

“Setelah semua selesai peserta didik melanjutkan kegiatannya dengan menyelesaikan laporannya untuk dikumpulkan dan di nilai juga serta secara bergantian tiap kelompok mempresentasikan produk permainan mereka ke para guru di ruang Romana”, ujar Yohanes Demi Setiawan, S.Pd salah satu pendamping PHB Proyek.

Demi menambahkan mereka awalnya canggung saat masih menjalani hari pertama, tapi sejak hari ketiga mereka sudah bisa sangat berbaur dengan kelompoknya. “Kegiatan ini menurut saya termasuk sukses, peserta didik bisa menikmati permainan serta merasakan manfaatnya, mereka juga bisa bekerja sama secara baik dengan kelompoknya sewaktu menjalani permainan,” kata pendamping di salah satu kelas saat PHB Proyek. 

Seperti yang dituturkan Edmond bahwa kami menjalani beberapa permainan yang menarik, salah satunya yaitu Memoria, di mana kami diminta semacam ‘bertahan hidup’ dengan menyelesaikan tantangan yang diberikan. Permainannya seru dan kami merasa puas saat berhasil menyelesaikannya. Selain itu masih banyak pula puluhan permainan lainnya yang tak kalah menarik, kata peserta didik dari kelas X2.

kegiatan ketika sedang menjalankan permainan

Maka dari itu kegiatan ini perlu ditumbuhkembangkan karena selain menarik juga banyak manfaatnya. Beragam permainan yang telah diciptakan oleh peserta didik merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi mereka, karena dari situ terlihat tingkat kreativitas mereka sungguh tinggi dan luar biasa.

Dengan suksesnya gelar karya di semester genap tahun ajaran ini, mereka akhirnya mendapat bonus dua kali, yang pertama libur Paskah setelah selesai menghadapi PHB Tulis dan libur lagi yaitu libur Lebaran sekitar satu minggu. Selamat Berlibur!! (ash)

 

Sumber diambil dari laman: https://sma-sby.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/permainanmu-permainanku-luar-biasa

Dirilis pada tanggal 19 April 2023