SANMAR MEMANGGIL

Share:

Surabaya - SMP Santa Maria. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, tanggal 12 November 2022 yang lalu di SMP SANTA MARIA.

Para peserta yg mengikuti kegiatan ini adalah seluruh anggota Duta Lingkungan, baik yang sdh lama bergabung maupun yg baru saja bergabung di Dulink di semester ini.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diikuti dengan sepatah dua patah kata dari Ibu Kepala Sekolah.
Setelah itu Pembina Dulink menjelaskan mengenai kegiatan pada hari tersebut.


Sesuai dengan temanya, kegiatan ini diadakan dengan tujuan menyadarkan para anggota Dulink tentang kondisi Ibu Pertiwi saat ini sehingga mereka semua merasa terpanggil untuk menjadi agen perubahan untuk bumi yg lebih baik. 
Kemudian, para peserta berdinamika bersama lewat permainan-permainan yang disiapkan oleh panitia. Setiap permainan ini memiliki makna yang disampaikan oleh para panitia di akhir permainan.

Kemudian para anggota dipecah menjadi empat kelompok untuk mempelajari 
1. Pachamama
2. Rabu Bersih
3. Membumi
4. Hidroponik dan Kompos

Apa itu Pachamama? Pachamama sendiri memiliki arti IBU BUMI. Dalam kegiatan ini para peserta diberikan penyadaran tentang anugrah yg telah mereka dapatkan dari Ibu Bumi selama ini.

Rabu Bersih adalah kegiatan yg dilakukan di hari Rabu oleh setiap kelas secara bergiliran. Dalam kegiatan ini seluruh siswa membersihkan lingkungan sekolah. Lewat Rabu Bersih para siswa belajar berempati bahwa menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya bapak/ibu karyawan.

Membumi adalah kegiatan yg diadakan di hari Rabu dan diikuti oleh seluruh warga sekolah. Dalam kegiatan ini para siswa melakukan gerakan-gerakan meditasi yg membawa mereka untuk berkoneksi dengan alam.

Yang terakhir sekelompok peserta mempelajari cara pembibitan hidroponik yang diajarkan oleh salah satu bapak karyawan. Kemudian mereka juga belajar cara membuat pupuk kompos dari daun kering. (Mr. B)