Seni Pertunjukan kami untuk Tokoh yang Menginspirasi

Share:

Sidoarjo, Kampus Ursulin - Sanmaris, sebanyak 6 kelompok siswa kelas enam secara bergantian menampilkan seni pertunjukan yang mereka rancang sendiri dari konsep sampai properti penampilannya. Di hari Selasa dan Rabu tanggal 21 dan 22 Mei 2024, para guru, siswa dan orang tua berkesempatan menonton aksi siswa-siswi kelas 6 tersebut di aula dengan antusias. 

Hilarius Tejo, selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu diantara rangkaian kegiatan Asesmen Akhir Jenjang di SD Santa Maria Sidoarjo. Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu syarat dari proses kelulusan siswa kelas 6. 

Dalam kelompok, mereka diminta untuk membuat sebuah seni pertunjukan temtang seorang tokoh yang menginspirasi. Pemilihan tokoh yang kisahnya diambil pun, tidak boleh sembarangan. Paling tidak tokoh tersebut memberikan inspirasi dalam bidang IPA dengan materi yang bisa dipilih yakni materi tentang gaya, ekosistem, listrik, tumbuhan, polusi, sampah, dll. Tokoh tetsebut juga harus memberikan dampak positif bagi orang di sekitarnya atau masyarakat banyak. Di proses awal, siswa-siswi melakukan literasi tentang tokoh-tokoh tersebut dan kemudian mereka menyusun alur cerita yang akan ditampilkan. 

Tantangan yang mereka hadapi adalah sebanyak 11 mata pelajaran harus dimasukkan dalam alur cerita dan konsep penampilan. Mata pelajaran yang materinya harus terlibat tersebut adalah Pendidikan Agama Katolik, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, PJOK, Seni Budaya dan Prakarya (Seni Rupa, Tari dan Musik), Bahasa Daerah, Bahasa Inggris, serta TIK. Hal yang bisa dilakukan misalnya, untuk pelajaran Seni Musik, mereka mengaransemen lagu untuk ditampilkan bersama menggunakan alat musik dan kemudian hal tersebut masuk dalam salah satu adegan/scene di alur cerita. DI dalam mata pelajaran TIK, siswa menyiapkan slide power point sebagai background penampilan di panggung. Selain itu untuk pelajaran Seni Rupa, mereka harus membuat poster promosi untuk pertunjukan tersebut. 

Waktu yang disediakan untuk mempersiapkan segala sesuatunya bagi mereka pun cukup lama, yakni mulai dari bulan Februari sampai Mei 2024. Saat hari H penampilan, semua siswa bersemangat memberikan penampilan yang terbaik dan maksimal.

Di akhir penampilan, para guru, adik kelas dan orang tua bergantian memberikan tanggapan dan apresiasi pada setiap penampilan. Kita semua bangga akan pertunjukan yang telah ditampilkan. Proficiat dan sukses, kakak-kakak kelas 6. You did a great job!!

Nicolaus Henry S.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber diambil dari laman: https://sd-sda.sanmarosu-jatim.sch.id/news/show/seni-pertunjukan-yang-membanggakan

Dirilis pada tanggal 31 Mei 2024