Terapkan “PERILAKU CERDIK”, Cegah Sejak Dini Kanker

Share:

Surabaya – SMA Santa Maria. Rabu (16/11/2022) kemarin, Lembaga Kanker Indonesia (LKI) mengadakan Sosialisasi Kanker dan Tumor di SMA Santa Maria Surabaya. Tujuan diadakan acara ini adalah memberikan informasi kepada masyarakat sejak dini khususnya para guru dan staf di SMA secara langsung tentang pengertian kanker serta bedanya dengan tumor, deteksi secara dini gejala kanker prostat, kanker payudara, dan kanker rahim serta memberi informasi mengenai cara mencegah dan menghindari kanker.

Para Guru dan Staf SMA sedang mengikuti Sosialisasi Kanker dan Tumor

Saat ini pemerintah melalui Lembaga Kanker Indonesia lagi gencar-gencarnya mengadakan Sosialisasi Kanker dan Tumor, hal ini sejalan dengan meningkatnya penderita kanker di Indonesia. Data dari berbagai Rumah Sakit menunjukkan bahwa pasien yang datang berobat rata-rata sudah mencapai stadium lanjut, ini diakibatkan oleh minimnya informasi yang diterima oleh masyarakat.

Sosialisasi dibawakan oleh Yoppi Yeremia Alexander, S.Gz. dari Lembaga Kanker Indonesia dan materi yang disampaikan antara lain: pengertian kanker dan tumor beserta perbedaannya, faktor penyebab kanker dan tumor, mengenali dan mendeteksi gejala awal kanker prostat, kanker rahim, dan kanker payudara serta bagiamana menerapkan pola hidup sehat dan hemat untuk mencegah penyakit kanker dan tumor tersebut.

Penyakit kanker disebabkan oleh banyak faktor antara lain: faktor  perilaku seperti obesitas, kurangnya konsumsi buah dan sayur, kurangnya aktivitas fisik, mengkonsumsi alkohol berlebihan dan merokok, lalu faktor karsinogen seperti ultra violet dan radiasi (karsinogen fisik), formalin boraks, HCA, dan aflaktoksin (karsinogen kimiawi), infeksi virus dan bakteri (karsinogen biologi), dan yang terakhir adalah faktor genetik atau keturunan yakni 5-10 %.

“Perilaku Cerdik” untuk mencegah Kanker dan Tumor

Masih menurut Yoppi Yeremia Alexander, S.Gz., kanker dapat dicegah dengan menerapkan “PERILAKU CERDIK” yaitu:

Cek kesehatan secara rutin

Enyahkan asap rokok

Rajin aktivitas fisik

Diet seimbang

Istirahat cukup

Kelola stress

Dijelaskan pula oleh Yoppi Yeremia Alexander, S.Gz. bahwa buah atau daun Sirsak dan Temu Putih sangat membantu untuk mencegah penyakit Kanker, karena umbi Temu Putih mengandung 95% anti oksidan untuk melawan kanker. 

Sesi foto bersama Para Guru, Staf, dan Perwakilan Lembaga Kanker Indonesia

Kegiatan ini juga diselingi dengan sesi tanya jawab dengan para guru dan staf di SMA Santa Maria Surabaya dan ditutup dengan sesi foto bersama. “Mari terapkan pola hidup sehat dan hemat serta cegah Kanker dan Tumor sejak dini dengan PERILAKU CERDIK ungkap Yoppi Yeremia Alexander, S.Gz., menutup acara sosialisasi  (admin).