Webinar Cyberbullying dan Etika Ber-Medsos

Share:

Surabaya, Krisanonline. com – Krisanis, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA Santa Maria Surabaya,hari keempat, Kamis (16/07), seperti biasa diawali dengan centering prayer, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Serviam, dan Mars SMA Santa Maria Surabaya. Selepas itu, dilanjutkan dengan webinar yang menginspirasi dengan tema Cyberbullying dan Etika Ber-Medsos.

Narasumbernya adalah Ryan Putranda Kristianto, M.Kom dan Edwin Alexander, S.Kom, M.Kom. Keduanya merupakan Dosen Universitas Katolik Dharma Cendika Surabaya. Beliau menjelaskan tentang apakah yang dimaksud dengan cyberbullying serta hal-hal apa saja yang tergolong dalam perilaku-perilaku tersebut. Dalam kenyataannya, memang tidak jarang banyak orang yang melakukan cyberbullying pada orang-orang yang ada di sekitarnya.

“Para siswa harus menjaga sikap dan perilaku yang benar dalam menggunakan media sosial agar apa yang disampaikan secara tertulis di medsos tidak menyinggung perasaan orang atau pihak lain yang merasa dirugikan. Sebab, pelanggaran terhadap etika ber-medsos itu dapat dikenai tindakan pidana. Maka, sebaiknya kita semua harus bijak dalam bermedsos. Sebelum kita menyampaikan sebuah statement atau pernyataan sebaiknya dipikir masak-masak. Jangan sampai komentar kita di medsos berbalik dan menjadi bumerang bagi kita. Oleh karena itu, harus berhati-hati,“ kata Bapak Ryan yang di-amini oleh partnernya Bapak Edwin. (corn/dya)