Yuk! Belajar SLiMS di Kampus Santa Maria

Share:

Surabaya – Perpustakaan Santa Maria. Senin (19/12/2023) Perpustakaan Santa Maria Surabaya menggelar acara training dan workshop dengan tema “Mengenal Senayan Library Management System (SLiMS)”. Adapun peserta workshop adalah seluruh pustakawan dibawah naungan Yayasan Paratha Bhakti dan terdiri dari berbagai jenjang mulai dari KB-TK, SD, SMP, SMA hingga staf Yayasan. 


Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni mulai Senin (19/12/2023 dan selesai pada hari Selasa (20/12/2023. Setiap hari acara dibuka pada pukul 07.00 WIB dan selesai pada pukul 15.00 WIB di ruang Desenzano SMP Santa Maria Surabaya. 


Senayan Library Management System atau SLiMS adalah sistem automasi perpustakaan sumber terbuka (open source) berbasis website yang pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakan Kemendikbud. Aplikasi ini digunakan untuk pengelolaan koleksi tercetak dan terekam yang ada di perpustakaan.


Materi tersebut relevan dengan kebutuhan perpustakaan saat ini, dimana pemanfaatan teknologi di perpustakaan mutlak diperlukan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan pengelolaan perpustakaan sekaligus meningkatkan layanan perpustakaan.


Adapun narasumber kegiatan tersebut adalah Mohammad Zaemakhrus selaku penggiat dan pengembang SLiMS komunitas Kudus dan owner Desawarna Enterprise. Beliau sudah lama berkecimpung di komunitas SLiMS dan sering memberi pelatihan SLiMS di berbagai perpustakaan sekolah.


Aktivitas yang dilakukan selama pelatihan antara lain belajar instalasi SLiMS, mengenal fitur – fitur pada SLiMS, praktek penggunaan secara praktis SLiMS di perpustakaan sekolah serta belajar mengubah dan mengatur template yang terdapat di aplikasi SLiMS.


Semua peserta mengikuti acara tersebut dengan antusiasme tinggi. “Saya senang dengan diadakannya pelatihan ini dan saya mendapat wawasan baru melalui pelatihan ini” ungkap Wenny, salah satu peserta workshop dari KB-TK Santa Maria Surabaya. 


Kegiatan ditutup dengan acara foto bersama. Saat penutupan kegiatan Ketua Yayasan Paratha Bhakti berkenan hadir dan memberikan pesan. “Belajar itu sepanjang hayat, jadi tidak ada salahnya kita terus belajar.” Pesan Suster Windhi kepada seluruh peserta kegiatan. Melalui kegiatan pelatihan kali ini diharapkan para pustakawan dapat mengembangkan perpustakaan di unit masing-masing. Bravo pustakawan!, semangat tetap setia dalam karya dan pelayanan (ask).